Soal Latihan 1:
Sebuah tes untuk mata diklat ILMU BAHAN BANGUNAN di SMK LORO BRONTO Pacitan terhadap 60 calon siswa menghasilkan skor sebagai berikut:
65 76 54 80 92 67 70 75 55 80
55 60 64 87 40 59 77 60 65 79
90 87 45 50 69 70 70 75 65 65
88 72 65 45 78 70 66 48 66 80
60 55 45 40 35 55 43 43 66 86
40 49 80 70 30 29 50 80 77 82
A. 1. Pedoman Penilaian Skala 10 dengan PAN
1. Menentukan Distribusi Frekuensi
· Rentang = Nilai tertinggi – Nilai terendah
= 92 – 29
= 63
· Banyak kelas
interval = 1 + (3,3) Log n
= 1 + (3,3) Log 60
= 1 + (3,3) (1,7782)
= 6,86 (diambil banyak kelas 7)
· Interval (i) = Rentang/Banyak kelas interval
= 63/6,86
= 9,2 (diambil interval 10)
· Memasukkan seluruh data skor siswa ke dalam tabel distribusi frekuensi dengan pedoman perhitungan di atas, yaitu:
Ø Banyak kelas 7
Ø Interval 10
Ø Ujung bawah kelas interval pertama dimulai dari skor terkecil sampai dengan interval
TABEL DISTRIBUSI FREKUENSI
NO | KELAS INTERVAL | TABULASI | f | d | fd | fd^2 |
1 | 29-38 | \\\ | 3 | -3 | -9 | 27 |
2 | 39-48 | \\\\\\\\\ | 9 | -2 | -18 | 36 |
3 | 49-58 | \\\\\\\\ | 8 | -1 | -8 | 8 |
4 | 59-68 | \\\\\\\\\\\\\\ | 14 | 0 | 0 | 0 |
5 | 69-78 | \\\\\\\\\\\\\ | 13 | 1 | 13 | 13 |
6 | 79-88 | \\\\\\\\\\\ | 11 | 2 | 22 | 44 |
7 | 89-98 | \\ | 2 | 3 | 6 | 18 |
Jumlah | 60 | 0 | 6 | 146 |
2. Menghitung Mean dan Standar Deviasi
· Menghitung Mean Terkaan (MT)
MT = Jumlah interval frekuensi tertinggi/2
= (59+68)/2
= 63,5
· Menghitung Mean Sebenarnya (M)
Sfd
M = MT + 1 ( )
N
6
= 63,5 + 1 ( )
60
= 63,6
· Menghitung Standar Deviasi (SD)
(Sfd2 ) Sfd
SD = i Ö - ( ) 2
N N
( 146 ) 6
= 10 Ö - ( ) 2
60 60
= 10 (1,557)
= 15,57
3. Menentukan Pedoman Penilaian Skala 10 dengan Tabel Konversi Skala Angka
TABEL KONVERSI SKALA ANGKA
SKALA SIGMA | SKALA ANGKA | SKALA 0 - 10 | |
+2,25 SD | 63,6+(2,25)(15,57)= 98,63 | 10 | : ³ 98,63 |
+1,75 SD | 63,6+(1,75)(15,57)= 90,85 | 9 | : 90,85 – 98,62 |
+1,25 SD | 63,6+(1,25)(15,57)= 83,06 | 8 | : 83,06 – 90,84 |
+0,75 SD | 63,6+(0,75)(15,57)= 75,28 | 7 | : 75,28 – 83,05 |
+0,25 SD | 63,6+(0,25)(15,57)= 67,50 | 6 | : 67,50 – 75,27 |
-0,25 SD | 63,6- (0,25)(15,57)= 59,70 | 5 | : 59,70 – 67,49 |
-0,75 SD | 63,6- (0,75)(15,57)= 51,92 | 4 | : 51,92 – 59,69 |
-1,25 SD | 63,6- (1,25)(15,57)= 44,14 | 3 | : 44,14 – 51,91 |
-1,75 SD | 63,6- (1,75)(15,57)= 36,35 | 2 | : 36,35 – 44,13 |
-2,25 SD | 63,6- (2,25)(15,57)= 28,56 | 1 | : 28,56 – 35,34 |
- | - | 0 | : £ 28,55 |
B. 1. Menentukan Nilai Untuk Skor
Berdasarkan pedoman penilaian skala 10 seperti pada tabel konversi skala angka, maka nilai untuk skor: 29; 77; 49; 82; 92; dan 65 dapat ditentukan seperti berikut:
SKOR | NILAI |
29 | 1 |
77 | 7 |
49 | 3 |
82 | 7 |
92 | 9 |
65 | 5 |
C. 1. Menentukan Siswa Yang Lulus Dengan
Nilai Minimal 5
Berdasarkan pedoman penilaian skala 10 seperti pada tabel konversi skala angka, maka dapat ditentukan siswa yang lulus dengan nilai minimal 5 adalah:
· Jumlah siswa yang lulus = 39 orang;
· Skor siswa yang bisa diterima adalah:
65 76 80 92 67 70 75 80 60 64
87 77 60 65 79 90 87 69 70 70
75 65 65 88 72 65 78 70 66 66
80 60 66 86 80 70 80 77 82
A. 2. Pedoman Penilaian Skala 10 dengan PAN
NO | X | X^2 | | NO | X | X^2 | | NO | X | X^2 |
1. | 65 | 4225 | | 21. | 45 | 2025 | | 41. | 43 | 1849 |
2. | 55 | 3025 | | 22. | 50 | 2500 | | 42. | 50 | 2500 |
3. | 90 | 8100 | | 23. | 87 | 7569 | | 43. | 80 | 6400 |
4. | 88 | 7744 | | 24. | 80 | 6400 | | 44. | 43 | 1849 |
5. | 60 | 3600 | | 25. | 92 | 8464 | | 45. | 48 | 2304 |
6. | 40 | 1600 | | 26. | 40 | 1600 | | 46. | 75 | 5625 |
7. | 49 | 2401 | | 27. | 69 | 4761 | | 47. | 60 | 3600 |
8. | 55 | 3025 | | 28. | 78 | 6084 | | 48. | 75 | 5625 |
9. | 72 | 5184 | | 29. | 35 | 1225 | | 49. | 55 | 3025 |
10. | 87 | 7569 | | 30. | 30 | 900 | | 50. | 65 | 4225 |
11. | 60 | 3600 | | 31. | 29 | 841 | | 51. | 65 | 4225 |
12. | 76 | 5776 | | 32. | 55 | 3025 | | 52. | 66 | 4356 |
13. | 54 | 2916 | | 33. | 70 | 4900 | | 53. | 66 | 4356 |
14. | 64 | 4096 | | 34. | 70 | 4900 | | 54. | 77 | 5929 |
15. | 45 | 2025 | | 35. | 59 | 3481 | | 55. | 82 | 6724 |
16. | 65 | 4225 | | 36. | 67 | 4489 | | 56. | 86 | 7396 |
17. | 45 | 2025 | | 37. | 70 | 4900 | | 57. | 80 | 6400 |
18. | 80 | 6400 | | 38. | 77 | 5929 | | 58. | 65 | 4225 |
19. | 70 | 4900 | | 39. | 70 | 4900 | | 59. | 79 | 6241 |
20. | 40 | 1600 | | 40. | 66 | 4356 | | 60. | 80 | 6400 |
| | | | | | | | S | 3839 | 260539 |
1. Menghitung Mean dan Standar Deviasi
· Menghitung Mean (M)
SX
M = ( )
N
3839
= ( )
60
= 63,98
· Menghitung Standar Deviasi (SD)
SX2 (SX) 2
SD = Ö - ( )
N N
(260539 ) (3839) 2
= Ö -
60 60
= Ö 248,45
= 15,76
2. Menentukan Pedoman Penilaian Skala 10 dengan Tabel Konversi Skala Angka
TABEL KONVERSI SKALA ANGKA
SKALA SIGMA | SKALA ANGKA | SKALA 0 - 10 | |
+2,25 SD | 63,98+(2,25)(15,76)= 99,44 | 10 | : ³ 99,44 |
+1,75 SD | 63,98+(1,75)(15,76)= 91,55 | 9 | : 91,55 – 99,43 |
+1,25 SD | 63,98+(1,25)(15,76)= 83,68 | 8 | : 83,68 – 91,55 |
+0,75 SD | 63,98+(0,75)(15,76)= 75,80 | 7 | : 75,80 – 83,67 |
+0,25 SD | 63,98+(0,25)(15,76)= 67,92 | 6 | : 67,92 – 75,79 |
-0,25 SD | 63,98- (0,25)(15,76)= 60,04 | 5 | : 60,04 – 67,92 |
-0,75 SD | 63,98- (0,75)(15,76)= 52,16 | 4 | : 52,16 – 60,03 |
-1,25 SD | 63,98- (1,25)(15,76)= 44,28 | 3 | : 44,28 – 52,15 |
-1,75 SD | 63,98- (1,75)(15,76)= 36,40 | 2 | : 36,40 – 44,27 |
-2,25 SD | 63,98- (2,25)(15,76)= 28,52 | 1 | : 28,52 – 35,39 |
- | - | 0 | : £ 28,52 |
B. 2. Menentukan Nilai Untuk Skor
Berdasarkan pedoman penilaian skala 10 seperti pada tabel konversi skala angka, maka nilai untuk skor: 29; 77; 49; 82; 92; dan 65 dapat ditentukan seperti berikut:
SKOR | NILAI |
29 | 1 |
77 | 7 |
49 | 3 |
82 | 7 |
92 | 9 |
65 | 5 |
C. 2. Menentukan Siswa Yang Lulus Dengan
Nilai Minimal 5
Berdasarkan pedoman penilaian skala 10 seperti pada tabel konversi skala angka, maka dapat ditentukan siswa yang lulus dengan nilai minimal 5 adalah:
· Jumlah siswa yang lulus = 36 orang;
· Skor siswa yang bisa diterima adalah:
65 76 80 92 67 70 75 80 64 87
77 65 79 90 87 69 70 70 75 65
65 88 72 65 78 70 66 66 80 66
86 80 70 80 77 82
Soal Latihan 2:
Buatlah pedoman penilaian skala 10 dengan PAP (Penialaian Acuan Patokan), dengan skor maksimal sebesar 85.
Setelah tes dilaksanakan, tentukan nilai untuk:
1. Duryudana : skor 64
2. Burisrawa : skor 80
3. Candra : skor 40
4. Inul : skor 55
5. Romeo : skor 75
PERSENTASE | NILAI |
96% - 100% | 10 |
86% - 95% | 9 |
76% - 85% | 8 |
66% - 75% | 7 |
56% - 65% | 6 |
46% - 55% | 5 |
36% - 45% | 4 |
26% - 35% | 3 |
16% - 25% | 2 |
6% - 15% | 1 |
0% - 5% | 0 |
· Dengan skor maksimal 85, maka nilai-nilai siswa dapat ditentukan, yaitu:
NO | NAMA | SKOR | PERSENTASE | NILAI |
1. | Duryudana | 64 | (64/85)x100 = 75,3 | 7 |
2. | Burisrawa | 80 | (80/85)x100 = 94,1 | 9 |
3. | Candra | 40 | (40/85)x100 = 47,1 | 5 |
4. | Inul | 55 | (55/85)x100 = 64,7 | 6 |
5. | Romeo | 75 | (75/85)x100 = 88,2 | 9 |
· Ideal = 60% x skor maksimal
= 60% x 85
= 51
· SD Ideal = ideal / 4
= 51/4
= 12,75
TABEL KONVERSI SKALA ANGKA BERDASARKAN IDEAL DAN SD IDEAL
SKALA SIGMA | SKALA ANGKA | SKALA 0 - 10 | |
+2,25 SD | 51+(2,25)(12,75)= 79,68 | 10 | : ³ 79,68 |
+1,75 SD | 51+(1,75)(12,75)= 73,31 | 9 | : 73,31 – 79,67 |
+1,25 SD | 51+(1,25)(12,75)= 66,94 | 8 | : 66,94 – 73,30 |
+0,75 SD | 51+(0,75)(12,75)= 60,56 | 7 | : 60,56 – 66,93 |
+0,25 SD | 51+(0,25)(12,75)= 54,18 | 6 | : 54,18 – 60,55 |
-0,25 SD | 51- (0,25)(12,75)= 47,81 | 5 | : 47,81 – 54,17 |
-0,75 SD | 51- (0,75)(12,75)= 41,44 | 4 | : 41,44 – 47,80 |
-1,25 SD | 51- (1,25)(12,75)= 35,06 | 3 | : 35,06 – 41,43 |
-1,75 SD | 51- (1,75)(12,75)= 28,69 | 2 | : 28,69 – 35,05 |
-2,25 SD | 51- (2,25)(12,75)= 22,31 | 1 | : 22,31 – 28,68 |
- | - | 0 | : £ 22,30 |
· Dengan melihat tabel konversi yang didasarkan atas ideal dan SD ideal, maka nilai-nilai siswa dapat ditentukan, yaitu:
NO | NAMA | SKOR | NILAI |
1. | Duryudana | 64 | 7 |
2. | Burisrawa | 80 | 10 |
3. | Candra | 40 | 3 |
4. | Inul | 55 | 6 |
5. | Romeo | 75 | 9 |
0 komentar:
Posting Komentar